Sunday 22 June 2008

American Risoles

Dibuat untuk acara makan2 Ulang Tahunnya Jillian, Rina & Shoko. Awalnya bingung mau masak apa, akhirnya pilih ini dengan alasan Jillian kan dari Amerika. Hehehe.. Alasan yang maksa, jelas2 ini resep bukan masakan Amerika. :p

Ini resepnya Bu Fatmah Bahalwan pendiri NCC. Saya ambil dari arsip resep di Milis NCC, ditambah tips sukses membuat amris dari webnya NCC.
Adonan kulit American Risoles (Crepe):
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
3 btr telur
300 ml susu cair
75 gr mentega, lelehkan
margarine untuk olesan

Cara membuat:
Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan. (saya pake diameter 14 cm)
Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Bahan isi :
4 lbr Smoked beef, potong kecil 2 x 2 cm (saya pake 3 batang sosis potong kecil panjang)
100 gr keju cheddar parut (saya pake 3 lembar keju Kraft potong kecil panjang)
4 btr telur rebus, potong kecil (saya cuma pake 3 butir telur rebus)
Tambahan dari saya 4 batang daging Kepiting siap makan, potong kecil panjang.

Pelengkap :
1 butir telur, kocok lepas.
250 gr tepung panir.

Cara membuat :
Bentangkan crepes, isi dengan potongan smoked beef, potangan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan
Lakukan hingga crepes habis.
Celupkan crepes isi kedalam telur kocok, gulingkan dalam tepung panir.
Masukkan kedalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
Goreng hingga kuning.
Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

***
Hasil akhirnya saya dapat 30 buah Amris. Lumayan capek dan butuh kesabaran untuk buat kulit, mengisi dan melipat satu persatu. Tapi rasa capeknya langsung hilang begitu melihat hasilnya yang cantik dan komentar temen2 pas bilang "mmm.. oishii" ^_^

No comments:

The Visitors

The Original Myspace Map