Monday 28 July 2008

Silicone for Baking Products

I write this article because in NCC mailist, someone asking about Silicone for baking products. I ever used it before. But I know completely nothing about this products. So I try to search some resources. I will write in Indonesian, if someone need English version, please feel free to contact me :)

***
Penggunaan Silicon untuk Baking
Dari berbagai sumber

Jangan terlanjur takut mendengar istilah Loyang silicone, sebab sebagian orang akan menghubungkannya dengan Silicone yang umumnya digunakan untuk (maaf) operasi pembesaran payudara.

Karet silicone yang digunakan merupakan Polymer, yang secara struktur kimianya terbentuk dari rangkaian silicone-oxygen.

Apakah silicone aman digunakan?

Silicone yang digunakan ini telah diuji aman bagi kesehatan. Struktur kimianya tidak akan bereaksi dan menghasilkan zat-zat berbahaya saat berada dalam suhu panas.

Beberapa kelebihan peralatan masak dari Silicone

  • Sebagaimana karet, strukturnya elastis dan fleksibel. Namun jangan khawatir sebab produk tidak akan meleleh dan berubah bentuk.
  • Anti lengket. Tidak perlu menambahkan butter atau tepung pada loyang. Namun tetap membuat proses pengeluaran kue menjadi sangat mudah.
  • Perawatannya mudah, mudah dicuci dan dibersihkan.
  • Dapat digunakan pada oven gas, oven listrik, microwive, grills, maupun hotplates. Dengan catatan suhu berkisar antara -60 C hingga 230 C (Tergantung keterangan produk)
  • Aman dan dapat langsung digunakan untuk makanan yang sebelumnya disimpan di dalam freezer atau lemari es, untuk kemudian langsung dipanaskan di oven tanpa perlu mengganti wadah.

Loyang silicone umumnya dapat digunakan baking. Namun dari beberapa pengalaman orang yang pernah menggunakan produk siliconee, Loyang silicone tidak direkomendasikan untuk membuat cake dengan struktur yang crunchy di luar. Sebab silicone bersifat insulator, karena itulah untuk pembuatan cake semacam itu dianjurkan menggunakan Loyang dengan bahan metal.

Peralatan masak dari bahan silicone bukan hanya loyang saja. Namun ada juga cetakan muffin, spatula, cetakan agar-agar dengan beraneka bentuk yang menarik.


Beberapa contoh produk dari silicon dapat diintip disini: silikomart, ebay.

Semoga bermanfaat ^_^

3 comments:

Sulis said...

Mba , beli cetakan silicone yg single yg warna warni dimana ya???

Unknown said...

Boleh digunakan d microwave ga mba?

Unknown said...

Bisa add sini sis buat beli cetakan macam" D306128F

The Visitors

The Original Myspace Map