Saturday 14 June 2008

Soes Jepang ala Pak Sahak

Dari minggu kemarin sudah mikir2, kira2 mau buat apa ya weekend ini. Mulai hari senin udah terbayang2 bikin muffin, tapi tiba2 berubah pikiran hari jum`at, pengen banget bikin Soes Jepang ala Pak Sahak aja, kayaknya bikinnya gampang & bahannya gak ribet.

Kenapa namanya Soes Jepang? Saya juga kurang tau, tanya aja ke Pak Sahak yang bikin resepnya..Hihihi.. Walaupun ada di Jepang, tapi saya belum pernah lihat sus yang seperti ini, jadi heran. Mungkin karena saya kurang gaul belanja2 di bakery2 mahal di mall2 itu kali ya? Hehehe... Resepnya saya dapat dari milisnya NCC. Berhubung emailnya gak bisa di link, jadi saya kasih webnya NCC aja yaa..
Saya bikin ukuran imut, sesuai sm yg bikin. Hihihi

Bahan A ( rebus sampai mendidih )
100 gram butter
110 gr air
1 sdt garam

Bahan B :
120 gr tepung terigu
3 butir telur ayam

Cara membuatnya :
- Masukan tepung terigu ke bahan A semuanya lalu aduk sampai kalis matikan apinya.
- Kemudian masukan telur satu persatu setalah adonan agak dingin sambil dikocok hingga rata.
- Semprotkan keloyang yang telah diolesi dengan margarin.

Bahan Topping
50 gr butter
50 gr gula halus
50 gr tepung terigu
1 sdm air

Cara membuatnya :
Semua bahan campur jadi satu lalu dikocok sampai lembut.
Masukan kekantong plastik segitiga lalu gunting bagian bawahnya kecil saja lalu semprotkan diatas adonan soes kira - kita 3/4 bagian, (seperti membuat roti boy).
Panggang dengan api 180 derajat selama 35 menit atau sampai matang. (kalau saya cuma pake suhu 170 derajat selama 25 menit, soalnya ukuran soesnya kecil aja)

Bahan isi :
250 gram coklat blok
100 gram susu cair
200 gram whipp ( kocok sampai mengental )
kalau saya : Gak pake susu cair & whipcream, tapi saya ganti 200gram Plain Yoghurt,lebih sehat..(padahal ini gara2 whipcreamnya mahal..hehehe). Rasanya jadi asem2 yoghurt gitu, enak.

Cara membuatnya :

Masak coklat dengan susu cair sampai mencair, lalu dinginkan. Kemudian masukan ke whipp (yoghurt) lalu aduk sampai rata.

Penyelesaian :
Suntikan bahan isi kedalam sus yang sudah dipanggang. (Nyuntiknya pake plastik segitiga)

Tips :

Simpan soes di kulkas agar tetap garing ( sebelum disajikan ).

***
Pas habisnya ngoven ini, ada temen Jepang yang masuk dapur. Trus saya tawarin, pas dia lagi makan soesnya,temen saya itu tanya "Ini apa..?" Huwaaa.. Berarti hasil soes saya ini gak kyk yg di jepang asli. Hiks..Hiks.. Tapi dia bilang enak kok :D Wah.. orang jepang sih, dikasih apa aja pasti jawabnya enak.

Tapi dari cerita di blognya Mb Nonon, soes bikinan saya udah mirip kok sama deskripsinya mb Nonon. Buat saya juga enak. :D

Untuk memastikan, saya tinggal nunggu reaksi dr temen2 lain aja, soalnya habis ini mau saya bawa k acara tanding Volley di kampus. Huwaa.. saya g bisa volly disuruh main juga. Hiks.. sedih..

Have a nice weekend everyone... ^_^

No comments:

The Visitors

The Original Myspace Map