Saturday 31 May 2008

Fruit Pie

Project untuk weekend ini. Fruit Pie

Ternyata baking benar2 menyenangkan sekaliiiiii... ^_^
Lumayan berbahaya, berbahaya soalnya bisa menghancurkan program diet yang tiap hari prinsipnya gini "Dietnya mulai besok aja" hahaha...

Pakai resepnya Bu Fatmah dari webnya NCC (Natural Cooking Club). Beruntung sekali bisa tau klub ini, dan ikutan milisnya. Walau baru coba-coba resep satu dua tapi ilmunya bener2 bermanfaat.

Mudah kok bikinnya, buktinya saya aja bisa. Hehehe...



Bahan kulit Pie:
250 gr tepung terigu, serba guna
1/2 sdt garam

125 gr mentega

5 sdm air es

Bahan Vla :
500 cc susu

100 gr gula kaster (saya pakai gula biasa)

5 btr kuning telur (saya cuma pakai 4, cuma sisa segitu siy)
30 gr tepung maizena
1 sdm mentega
(tadi ngga` pake, lupa, mungkin kalau pake hasilnya lebih wangi)
1 sdt vanilli extract
(saya skip, soalnya ngga` ada, nyesel juga, masih bau telur jadinya)

Bahan Topping :

  • Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain. Saya pakai mandarin orange kaleng, anggur (pas murah), Kiwi, & American Cherry (soalnya penasaran kyk apa rasanya)

Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih (saya pakai nutrijell)
100 cc air
1 sdt gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara membuat :

  • Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, (saya pakai cetakan pie besar diameter 18 cm) tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit.

Vla :

  • Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  • Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:

  • Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram agar-agar bening.
Hasil : Saya dapet 2 loyang pie diameter 18.

Ngga percaya bisa bikin beginian..hehehe

Yang baru kebagian: tetangga sebelah kamar namanya Yang, & Aileen. Lainnya besok yaa..

No comments:

The Visitors

The Original Myspace Map